Ajak India Kerjasama, Ridwal Kamil Sentuh Pertanian


Kabar terbaru dari gubernur Jawa Barat, Ridwal Kamil yang baru saja kedatangan tamu dari India. Tamu tersebut adalah Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh, Manoj Kumar Bharti. Tamu besar itu diterima di Bandung, Gedung Pakuan bersama dengan sejumlah tamu lainnya. Meskipun dalam nuansa pandemi, penerimaan tamu bersifat biasa dan menyertakan protokol kesehatan sesuai dengan aturan yang berlaku di Indonesia.

Pembahasan Kerja Sama Ekonomi

Pada kedatangannya, Manoj Kumar Bharti diberikan penjelasan mengetahui kondisi Jawa Barat dan potensi yang ada di dalamnya. Oleh karena itu sang gubernur pun menawarkan sejumlah kerja sama untuk bisa mendongklang keuntungan bersama terutama dalam sektor yang paling potensial. Beberapa kerja sama situs slot online terbaik 2021 yang ditawarkan ada pada bidang pertanian atau agrikultur. Jawa Barat adalah salah satu wilayah dengan sektor pertanian yang terbanyak di Indonesia, terutama padi dan beberapa produk tani lainnya.

Kang Emil berharap pihak India mampu memberikan banyak kerja sama terutama dalam bidang teknologi kepada Jawa Barat. Dengan begitu sektor pertanian bukan hanya diminati para petani sekarang tetapi juga kaum muda yang akan menjadi penerus perjuangan di dalam sektor ini. Jika tidak dikendalikan maka kemungkinan besar petani petani jumlahnya akan semakin sedikit, dan proses impor pun akan menjadi sering di tahun tahun yang akan datang. Dibutuhkan teknologi yang bisa digunakan para petani baru generasi kawula muda.

Ridwal Kamil Paparkan Program Petani Milenial

Salah satu yang menjadi tema pembicaraan Ridwan Kamil dengan Manoj adalah program Petani Milenial yang merupakan program yang ada di Jawa Barat. Dijelaskan di dalam program tersebut Jawa Barat melibatkan generasi pemuda atau milenial untuk bisa memanfaatkan lahan yang tidak produktif atau lahan yang masih kosong untuk bisa menanam beragam jenis pangan atau komoditas pertanian. Nantinya bisa dikonsumsi secara pribadi atau jika lebih besar maka bisa dipasarkan di Jawa Barat.

Ada Badan Usaha Milik Daerah atau BUMD yang akan membeli hasil panen para petani milenial sehingga para petani tidak perlu pusing akan menjual kemana hasil bumi yang sudah dikembangkan selama ini. Tujuan utama program ini adalah untuk bisa mengurangi angka pengangguran yang ada di Jawa barat, terutama setelah adanya pandemi semakin banyak generasi milenial yang kehilangan pekerjaan dan belum mendapatkannya hingga sekarang. Jawa Barat membuka peluang ini untuk seluruh warga Jawa Barat.

Harapannya, kang Emil tidak ingin teknik pertanian yang digunakan adalah teknik konvensional. Dirinya menginginkan ada teknologi yang bisa menjadi teknik bertani lebih modern dan bisa lebih menghasilkan. Ini tentu menjadi salah satu hal yang mampu membuat banyak generasi masa kini tertarik untuk menjadi petani milenial. Keuntungan yang besar pun bisa didapatkan dan kelestarian alam bisa terus dijaga. Manoj Kumar Bharti menyetujui program ini dan sangat mendukung program untuk segera dilaksanakan.

Selain program Petani Milenial, Jawa Barat pun punya program Rebana Metropolitan yang merupakan sebuah program dengan tujuan untuk membangun 13 kota baru yang ada di Jawa Barat yang mana ke depannya bisa menjadi kota metropolitan dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Rebana Metropolitan ini berfokus pada wilayah utara dan timur laut provinsi Jawa Barat seperti Sumedang, Cirebon, Subang, Indramayu, Majalengka dan Kuningan. Ridwal Kamil mengatakan bahwa Ini adalah sebuah terobosan untuk meratakan pembangunan di Jawa Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *