Dari AS Hingga RI, Avanza Masuk Recall


Toyota Astra Motor (TAM) telah menyatakan bahwa Avanza telah masuk ke dalam kampanye recall berkaitan fuel pump. Akan tetapi belum ada pengumuman secara resmi yang dilakukan oleh pihak TAM ataupun informasi lebih lanjut kepada konsumen konsumen yang terlibat. Mengenai recall ini rencananya akan dilaksanakan bandar togel hk mulai dari Amerika Serikat hingga akhirnya di Indonesia dengan ketentuan dan aturan tertentu. Kronologi ini belum memiliki informasi yang detail sehingga customer masih bertanya tanya.

Recall Fuel Pump Avanza Sejumlah 2 Juta Unit

Permasalahan yang terjadi di dalam bagian tertentu di dalam mobil Avanza sepertinya cukup serius sehingga perusahan harus melakukan kampanye recall. Kronologi recall ini dilakukan ketika produsen komponen Denso mengumumkan bahwa produk fuel pump yang mereka buat ternyata mengalami masalah. Informasi ini dinyatakan kepada pihak National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) pada Bulan April 2020 yang lalu. Dikabarkan karena recall ini maka ada sekitar 2 juta unit kendaraan yang termasuk kampanye recall.

Pihak Denso melaporkan juga bahwa recall ini sudah dilakukan di Amerika Serikat namun masih dalam proses hingga sekarang. Recall dilakukan sejak Bulan November 2020 dan sampai sekarang sudah sekitar 1.5 juta unit yang telah diselesaikan di AS. Selain Avanza, produk lainnya yang menggunakan jasa Denso untuk penyediaan fuel Pump berjumlah 3,53 juta unit dan itupun merata di dalam berbagai jenis merek. Ada Toyota, Ford, Mazda, Subaru dan Mitsubitshi. Jadi, selain Avanza maka merek lainnya pun melakukan kampanye yang sama.

Denso adalah salah satu perusahaan yang dimiliki oleh Toyota sehingga wajar jika mobil mobil Toyota menggunakan komponen yang diproduksi oleh perusahaan tersebut. Masalah fuel pump terjadi di seluruh dunia di Bulan Maret 2020. Kemudian di tahun yang sama bulan Oktober ada tambahan unit yang awalnya 3,2 juta unit menjadi 5,84 unit di seluruh dunia. Meskipun sudah ada yang telah selesai recall namun masih membutuhkan waktu cukup lama supaya kampanye ini selesai dengan segera.

Recall di Indonesia sejak Agustus 2020

Sebenarnya di Indonesia sudah da kampanya recall namun bukan untuk produk avanza. Produk produk yang telah direcal adalah Alphard produksi tahun 2017 2018, ada juga Corolla produksi tahun 2018, FJ Cruiser produksi tahun 2013 2014, dan Kijang Innova, Fortuner, dan Hilux produksi tahun 2017 hingga 2019. Saat itu Toyota belum menyebutkan Avanza sebagai salah satu merk mobil yang masuk ke dalam kampanye. Kemudian tahun ini baru disebutkan ternyata sejumlah Avanza harus melakukan kampanye recall.

Proses recall disebabkan oleh fuel pump yang juga terjadi di Malaysia. Di negara tersebut recall diumumkan pada 4 Maret yang lalu. Sejumlah 3.293 unit Avanza sudah ditarik untuk diganti dengan komponen yang lebih baik. Unit yang ada di Malaysia adalah mobil impor utuh yang diproduksi oleh Astra Daihatsu Motor yang ada di Indonesia. Uniknya, negara yang mengimpor justru mengumumkan recall lebih dulu dibandingkan dengan negara yang memproduksi produk tersebut. ADM sebagai pihak bertanggung jawab akan mengeluarkan pernyataan resmi segera. Anton Jimmi selaku Direktur Pemasaran TAM mengatakan bahwa sejumlah Avanza di Indonesia akan ditarik dari tangan konsumen. Hal ini dilakukan untuk mengganti fuel pump. Namun sampai saat ini belum ada pernyataan resmi kapan detail hal tersebut akan dilakukan sebagai bentuk recall untuk produk yang dikeluarkan oleh Denso. Toyota global hanya baru mengumumkan ada proses recall di mana banyak negara Asia termasuk Indonesia yang menjadi sasaran. Koordinasi masih dilakukan ke pihak manufacturing dan pihak terkait.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *