Seorang warga di Lombok Tengah Dituduh Menista Agama Menggunakan TikTok


RE mengunggah permintaan maaf pada akun Facebook pribadinya setelah video salat sambil joget pada media sosial TikTok menuai hujatan. RI sendiri adalah warga Desa Kopang, Remige, Lombok tengah Nusa tenggara barat.

Pelaku mengaku tidak berniat melecehkan agama

Yang bersangkutan mengatakan tak bermaksud membuat video tersebut dan menyadari bahwa tindakannya tidak benar. Pada video yang diunggahnya dia mengatakan meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia dan tidak sengaja serta tidak berniat melakukan perbuatan tersebut.

Di lain pihak, Ipda Taufiq Fikong, Paur Humas Polres Lombok Tengah mengatakan wanita itu telah dimintai keterangan pihak berwajib. RE diminta untuk menjelaskan apa maksud dari video yang dibuatnya itu.

Pada video itu yang bersangkutan terlihat mengenakan mukena dan melaksanakan shalat. Tiba-tiba saat posisi iktidal terdengar hentakan musik dan RE mengangkat tangan sambil berjoget. Pada video tersebut juga tampak efek lampu warna-warni yang berkelap-kelip.

Tak lama berselang perempuan itu kembali dalam posisi shalat seakan-akan suaminya memergoki. Pada unggahan video tersebut di media sosial TikTok RE menuliskan caption, “Pas lagi salat tiba-tiba ada tetangga putar lagu DJ, daripada nggak khusyuk, eh keburu suami datang.”

Tidak butuh waktu lama untuk membuat unggahannya tersebut menjadi viral. Video itu juga di repost oleh akun Instagram @instalombok. Akun tersebut menyandingkan video viral itu dengan akun Instagram pribadi milik RE. Video tersebut dikomentari sebanyak 1.018 kali dan dilihat sebanyak 3.507 kali.

Beberapa jam kemudian akun Instagram @instalombok  mengunggah video permintaan maaf RE dari Facebook pribadinya. Terlihat pula peristiwa penjemputan RE oleh aparat di rumahnya yang dikerumuni warga sekitar.

Kasus kasus penistaan agama melalui media sosial di tahun 2020

Kasus-kasus sebagaimana yang dilakukan oleh RE terus terulang di jagat dunia maya. Berikut adalah beberapa contohnya.

Mahasiswa menistakan Islam

Seorang pria berinisial SU menggunggah potongan video togel online pada akun Instagram @melepasrindu yang dinilai menghina agama Islam. Yang bersangkutan menggunakan filter Instagram bertuliskan lafaz Allah sehingga terlihat di keningnya sambil mengacungkan jari tengah. SU juga mengucapkan kata “shalom” sambil melakukan hal tersebut.

Setelah memancing kemarahan banyak pengguna internet SU meminta maaf melalui Instastory yang mengaku hanya bercanda. Walaupun sudah dihapus, tetapi unggahannya telah direpost oleh beberapa akun lainnya. Pihak Universitas Pertamina dimana yang bersangkutan menempuh studi juga menjatuhkan sanksi.

Komika melecehkan Rasulullah lewat lagu Aisyah Istri Rasulullah

Rahmat Hidayat alias Aleh, standup comedian sekaligus Youtuber asal Medan ditahan pihak berwajib setelah mengunggah video cover lagu Aisyah Istri Rasulullah. AKP Jericho Lavian Chandara, Kasatreskrim Polres Belawan mengatakan bahwa Aleh sudah berstatus tersangka dan sudah ditahan.

Yang bersangkutan dijerat dengan pasal 27 ayat (3) UU ITE yang berhubungan dengan penghinaan. Jericho memastikan bahwa kasus tersebut akan tetap diproses hukum walaupun yang bersangkutan nantinya meminta maaf terhadap masyarakat.

Kasus pelecehan ini bukan yang pertama kali menimpa Aleh. Sebelumnya dirinya juga pernah dituduh menghina masyarakat Belawan.

Kasus tersebut dilaporkan oleh ormas islam di Kecamatan Belawan dan Aleh langsung diamankan oleh Satuan Reserse Kriminal Polres Belawan yang geram dengan aksi pelaku dan teman-temannya.

Pada video yang diungguah tersebut terlihat Aleh dan lima temannya mencover lagu Aisyah Istri Rasulullah dengan wajar. Tak berselang lama pelaku berakting kesurupan dengan hanya mengenakan kemeja serta celana dalam. Youtuber tersebut mengaku tak mempunyai maksud apa-apa dan hanya bercanda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *