Resmi, Persib Bandung Akhirnya Lepas Michael Essien


Didatangkan dengan biaya sangat fantastis pada tahun 2017 lalu, Persib Bandung akhirnya memilih melepas Michael Essien. Sekedar informasi, saat itu Amougou Mathieu selaku sang agen membocorkan jika Essien dibanderol dengan nilai Rp 8,5 miliar seperti dilansir simamaung. Mantan pemain Timnas Ghana itu memang memiliki kualitas Eropa sehingga kedatangannya ke Persib sempat menggemparkan jagat sepakbola Indonesia karena harga transfer yang luar biasa mentereng.

 

Namun kebersamaan Essien dan Persib rupanya hanya setahun saja. Pada 5 Juni 2018 kemarin, Persib resmi melepaskan Essien yang berstatus sebagai Marquee Player itu. Setahun bersama Persib, Essien yang sembilan tahun memperkuat Chelsea itu mempersembahkan lima gol. Status Essien di Persib memang tak menentu karena pelatih Mario Gomez lebih memilih penyerang asal Argentina, Jonathan Bauman di klub.

 

Umuh Muchtar selaku manajer Persib kepada detikSport tidak bersedia menjelaskan secara rinci perihal keputusan pemutusan kontrak di tengah musim. Namun perpisahan ini terjadi dengan sangat baik. Umuh pun tak tahu ke mana Essien akan berlabuh dan malah menyebutkan kalau pria berusia 35 tahun itu bakal pensiun dari sepakbola.

 

Namun Mathieu kepada Indosport membocorkan jika Essien akan kembali ke Inggris dan berlatih bersama Chelsea meskipun ada banyak sekali tawaran klub yang datang. Mathieu pun menjelaskan jika Essien terpaksa dilepas Persib karena kuota pemain asing Maung Bandung sudah penuh setelah kedatangan Bauman. Sebagai pemain profesional, Mathieu pun menghormati keputusan Persib.

 

Mario Gomez Minta Tiga Pemain Baru

 

Setelah melepas Essien, Persib kini tengah berjuang memperbaiki performa mereka supaya bisa naik ke papan atas klasemen sementara Liga 1 Indonesia musim 2018. Saat ini Persib nyaman di peringkat tujuh dengan 18 poin dari 11 kali pertandingan. Posisi pertama masih dikuasai PSM Makassar dengan 24 poin dari 13 pertandingan. Bukan tak mungkin Gomez mampu membawa Persib merangsek ke papan atas dan pemuncak klasemen karena masih ada dua pertandingan tunda.

 

Demi menambah daya gedor, Gomez kabarnya meminta tiga pemain baru ke manajemen Persib. Teddy Tjahjono selaku Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) mengaku siap mendukung penuh rencana pelatih asal Argentina itu. Meskipun begitu Teddy menilai bukan hal mudah mendatangkan pemain incaran di paruh musim karena kebanyakan sudah terikat kontrak dengan klub lain.

 

Ambisi Persib Bangun Kompleks Olahraga Internasional

 

Bisa dibilang kalau Persib saat ini menjelma sebagai klub togel online terkaya di Indonesia. Dilansir Transfermakt, Persib memiliki nilai hingga Rp 71 miliar, jauh di atas PSM Makassar di posisi kedua dengan Rp 59,2 miliar. Tak heran kalau Persib memiliki ambisi baru yakni membangun kawasan olahraga berstandar internasional dengan fasilitas lengkap di dekat Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

 

Kompleks olahraga sekaligus museum yang kabarnya bernama Kampung Persib itu akan jadi pusat aktivitas Persib ke depannya. Tak main-main, kabarnya PT PBB sudah membeli 10 hektar tanah secara bertahap di sekitar GBLA. Teddy membeberkan kalau nantinya Kampung Persib bisa jadi tujuan wisata yang diharapkan bisa selesai dalam waktu tiga tahun ke depan. Demi ambisi itu, Persib sampai merujuk ke stadion Etihad milik Manchester City. Jika nantinya kompleks olahraga itu sudah selesai dibangun, maka GBLA akan mengikuti jejak Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Jakarta milik Persija dan Jakabaring miilik Sriwijaya FC di Palembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *