Kota-Kota yang Terancam Akan Alami Kelangkaan Air Minum


Pernahkah Anda mendengar bahwa akan ada ancaman kekurangan air minum di beberapa kota besar di dunia? Jakarta merupakan salah satu kota yang terancam kekurangan air minum dan menempati urutan kelima. Sedangkan Cape Town yang ada di Afrika Selatan menjadi kota besar yang ada di urutan pertama di era modern ini di mana kota itu menghadapi ancaman kehabisan air minum.

Temuan ini hanya salah satu contoh ekstrem dari masalah yang mana sudah ada sebelumnya dan sudah pula diperingatan oleh para ahli yakni kelangkaan air. Walaupun mencakup sekitar 70% permukaan bumi, air, dan terutama air minum, tidak lah sebanyak seperti yang dipikirkan oleh orang pada umumnya. Hanya 3% saja yang mana bisa digolongkan sebagai air segar. Lebih dari 1 milyar orang tidak mempunyai akses terhadap air dan juga 2,7 milyar lainnya mengalami kelangkaan setidaknya 1 bulan dalam satu tahun. Sebuah survey pada tahun 2014 pada 500 kota paling besar di dunia memperkirakan bahwa 1 dari 4 kota dunia sedang mengalami masalah air.

Menurut proyeksi yang mana didukung juga oleh PBB, pada tahun 2030 nanti kebutuhan air tawar dunia bakal menjadi 40% lebih tinggi dari ketersediaan, akibat ulah manusia, pertumbuhan penduduk dan juga perubahan iklim.

Karena tak mengherankan, bahwa Cape Town hanyalah sebuah puncak gunung es. Ini dia beberapa kota yang juga kemungkinan besar terancam kekurangan air.

  1. Sao Paulo

Ibu kota Brazil ini mengalami masalah yang sama juga dengan Cape Town saat cadangan air turun 4% di bawah kapasitas mereka. kota ini merupakan kota terpadat pada tahun 2015. Dan pada puncak krisis, kota yang berpenduduk lebih dari 21,7 juta orang ini Cuma mempunyai persediaan air untuk kurang dari 20 hari saja dan polisi juga masih harus mengawal truk air guna mencegah penjarahan. Penyebab yang diperkirakan adalah karena kekeringan yang mana melanda bagian tenggara Brazil antara tahun 2014 dan 2017 akan tetapi sebuah misi PBB ke kota ini mengritik otoritas negara bagian karena “kurangnya perencanaan dan juga investasi yang tepat.” Krisis sendiri dianggap sudah selesai pada tahun 2016. Akan tetapi bulan Januari 2017 cadangan utama air mereka 15% di bawah perkiraan untuk periode Dewa Poker Online tersebut. dan ini membuat persediaan air untuk masa depan kembali dipertanyakan.

  1. Jakarta

Jakarta adalah kota pesisir, kendati tak banyak yang menyadarinya. Dan seperti kebanyakan kota yang lainnya, ibu kota Indonesia ini menghadapi ancaman kenaikan permukaan air laut. Namun di Jakarta, masalah ini semakin diperparah dengan adanya ulah manusia secara langsung. Karena kurang dari setengah dari 10 juta penduduk yang mempunyai akses terhadap air ledeng, terjadilah penggalian sumur secara illegal. Praktik ini lah yang menguras cadangan kantung air bawah tanah, dan hampir secara harfiah mengempiskannya.

Akibat dari ini semua adalah perkiraan Bank Dunia, sekitar 40% dari wilayah Jakarta sekarang ini ada di bawah permukaan laut.

  1. London

Kota terakhir yang terancam kekurangan air minum adalah London. Dengan curah hujan seitar 600mm per tahun, London memperoleh 80% air mereka dari sungai yakni Sungai Thames dan Sungai Lea. Penggunaan air di sana sudah mepet dan mendekati kapasitas maksimumnya. Kemungkinan akan menderita pasokan pada tahun 2025 dan mengalami kelangkaan yang serius pada 2040.

Itulah 3 kota yang terancam akan kekurangan air minum di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *