Superhero Green Lantern


Menyusul The Flash, Shazam, dan Aquaman, Green Lantern kabarnya juga akan mempunyai film solonya sendiri walaupun perilisannya agen poker terpercaya masih cukup lama, yaitu tahun 2020. Nama superhero yang satu ini memang tak sepopuler rekan-rekannya pada DC Comics walaupun kekuatan super yang dimiliki tak kalah dasyat dengan mereka. Sambil  menantikan tayangnya film tersebut, tak ada salahnya kita berkenalan terlebih dahulu dengan pahlawan super yang satu ini.

 

Asal-usul Green Lantern

Alan Scott atau Alan Ladd Wellington adalah orang dibalik superhero Green Lantern yang muncul pertama kali pada semesta DC Comic. Berbeda dengan anggota Green Lantern lainnya, kekuatan yang didapatkan Alan Scott berasal dari Starheat dan bukan dari Guardian of Universe. Awalnya ia adalah seorang insinyur sukses yang mengerjakan proyek jalur kereta api di tahun 1939. Saat menguji lokomotif baru ia menemukan sebuah lentera hijau yang ternyata mempunyai kekuatan super.

 

Pada saat yang bersamaan, seorang rekan yang culas ternyata menyabotase lokomotif tersebut sehingga kereta mengalami kecelakaan. Beruntung Alan selamat karena lentera hijau yang ia temukan memancarkan kekuatannya. Mengetahui hal itu ia pun merasa terpanggil dan bertanggungjawab untuk menggunakan kekuatan tersebut bagi kepentingan orang banyak.Dengan keahliannya sebagai professional dalam bidang teknik, Alan pun memodifikasi lentera tersebut dan memasukkan kekuatannya ke dalam sebuah cincin.

 

Green Lantern pertama pun mulai beraksi memberantas kejahatan di balik identitas Alan Scott. Bila dibandingkan anggota Green Lantern lainnya Alan adalah yang paling kuat karena kekuatan supernya tak memiliki batasan. Ini karena ia mempunyai akses langsung pada Starheat sementara anggota Green Lantern lainnya hanya dapat mengisi ulang kekuatan mereka.

 

Starheat sendiri adalah sebuah energi sihir yang dikekang oleh para Guardian yang sesungguhnya tersebar di seluruh alam semesta. Energi yang dimaksud inilah yang membuat Alan tak perlu me-recharge cincinnya melalui lentera. Ia dapat meminjam secara langsung kekuatan “kehendak” Starheat untuk digunakannya.

 

Kekuatan Green Lantern

Sama dengan anggota Green Lantern lainnya, Alan Scott dapat menciptakan apa pun sesuai daya imajinasinya. Yang menjadi batasan kekuatan seorang Green Lantern adalah pikirannya sendiri atau dengan kata lain semakin tinggi daya khayalnya maka ia akan semakin kuat. Selain itu dengan kekuatan Starheat tubuh Alan Scott juga tidak mengalami penuaan sebagaimana manusia biasa. Dengan demikian ia pun mempunyai masa hidup yang sangat panjang.

 

Green Lantern paling populer

Selain Alan Scott, anggota Green Lantern lainnya yang juga paling dikenal fans DC Comics adalah Hal Jordan. Ia juga sering disebut sebagai Spectre dan Parallax juga merupakan anggota pertama yang direkrut saat pembentukan Justice League. Hal Jordan sejatinya lahir dari keluarga tingkat menengah pada umumnya, dengan orang tua berpenghasilan baik. Ayah Jordan adalah seorang pilot yang sangat diidolakannya, hingga suatu saat ia menyaksikan sang ayah tewas dalam kecelakaan pesawat tepat di depan matanya.

 

Mengikuti jejak sang ayah ia pun bergabung dengan United States Air Force pada usia 18 tahun. Beberapa tahun kemudian, Abin Sur, anggota Green Lantern Corps berniat untuk pensiun dan mencari pewarisnya. Power ring pun memilih Hal karena kemampuannya untuk mengatasi ketakutan dan trauma yang luar biasa. Abin Sur juga menyerahkan kostum Green Lanternnya kepada Hal Jordan. Sebagai anggota Green Lantern, ia bertugas melakukan patrol di galaksi serta menyelesaikan misi di luar angkasa yang kebanyakan melibatkan penjahat super. Bagaimana? Siap mempunyai idola baru?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *